Kamis, 23 Januari 2014

KTI ku 1: ANALISIS DAN IMPLEMENTASI AD HOC NETWORK DAN SHARING KONEKSI INTERNET BERBASIS WINDOWS PADA LPSE DISHUBKOMINFO LUWU UTARA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  LATAR BELAKANG
Berbicara tentang peradaban manusia tentunya tidak akan lepas dengan perkembangan teknologi. Manusia dan teknologi tumbuh dan berkembang secara beriringan. Dengan memanfaatkan potensi pikiran yang dimiliki manusia menciptakan berbagai inovasi teknologi yang digunakan untuk memudahkan berbagai aktifitas manusia. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa teknologi terlahir seiring lahirnya peradaban manusia.

Perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang semakin cepat sehingga tingkat kebutuhan teknologi semakin meningkat bagi manusia. Adapun khususnya dalam penggunaan perangkat-perangkat teknologi yang membutuhkan kegiatan berbagi segala macam data. Maka dari itu, Hotspot berpengaruh pada suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi yang saling terhubung yang menggunakan jaringan local nirkabel yaitu disebut dengan access point, dan fungsinya digunakan untuk melakukan pengaturan lalu-lintas jaringan antar host-computer sehingga keduanya bisa saling berhubungan. Komputer-komputer yang terhubung di dalam access point tersebut dapat saling berkomunikasi dengan melakukan sharing file ataupun dapat terkoneksi oleh jaringan internet jika access point tersebut terkoneksi oleh jaringan internet. Bukan hanya kecanggihan saja yang diperlukan efisiensi dan keefektifan teknologi tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat. Saat ini terdapat Virtual Access Point yang jarang digunakan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya.
Virtual access point dalam hal ini disebut “Jaringan Ad Hoc” memiliki dua fungsi yaitu dapat melakukan data-sharing dimana suatu komputer dapat melakukan berbagi akses layanan kepada komputer lain dalam jaringan lokal. Ad Hoc Network juga memiliki fungsi lain yaitu dapat berbagi akses internet dengan rekan kerja selama pertemuan atau konferensi. Dan dapat digunakan untuk menikmati layanan internet dengan menghubungkan ke jaringan nirkabel yang disiarkan oleh virtual access point atau Ad Hoc Network. Pemanfaatan jaringan ini pun tidak ditujukan untuk punggunaan permanen namun hanya bersifat kondisional dan tidak disarankan untuk kapasitas layanan sangat besar. Oleh karena hal tersebut diatas penulis memilih untuk meneliti terkhusus kepada pemafaatan sharing koneksi internet menggunakan Virtual Acces Point dalam lingkup suatu badan atau lembaga yang kondisinya memungkinkan untuk penerapannya.
Adapun lokasi penelitian sehubungan dengan materi yang telah di sebutkan di atas ialah bertempat di Lembaga LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Luwu Utara. LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/lnstitusi Lainnya (K/L/D/I) untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik serta memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik. ULP/Pejabat Pengadaan pada Kementerian/Lembaga/Perguruan Tinggi/BUMN yang tidak membentuk LPSE dapat menggunakan fasilitas LPSE yang terdekat dengan tempat kedudukannya untuk melaksanakan pengadaan secara elektronik. Selain memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik LPSE juga melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja LPSE yang bersangkutan.
Sehubungan dengan pentingnya fungsi sebuah badan bernama LPSE diatas maka adanya kendala-kendala yang terjadi seperti tidak adanya jaringan wireless yang tersedia untuk umum tentunya membatasi gerak gerik dari setiap masyarakat yang membutuhkan terjadinya transaksi online yang berdampak pada tersendatnya aliran informasi yang terhubung ke jaringan internet.
Dalam hal ini koneksi jaringan yang bersifat wifi dapat diatasi dengan hadirnya teknologi ad Hoc yang dalam pemanfaatannya sangat dapat membantu dalam menghadirkan koneksi jaringan Internet yang bersifat terbuka untuk umum.
1.2.  RUMUSAN MASALAH
Untuk memperjelas masalah yang akan dibahas, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
a)      Bagaimana sebuah notebook dapat difungsikan sebagai access-point (AP) dalam hotspot area  dan Implementasinya dalam berbagi jaringan Internet?
b)      Untuk mengetahui performasi(kecepatan transfer) hasil jaringan Ad Hoc yang dibentuk ?
1.3.  BATASAN MASALAH
Untuk menghindari pembahasan yang meluas maka penulis akan membatasi pembahasan Tugas Akhir ini dengan hal-hal sebagai berikut :
a)      Hanya terfokus pada kondisi access-point yang digantikan dengan notebook berbasis jaringan intranet.
b)      Implementasi dan pengujian yang dilakukan hanya pada Jaringan Intranet.
c)      Adapun penggunaan tools yang digunakan dalam implementasi proyek akhir ini yaitu, Connectify ,IDM, NetWorx
1.4.  TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.4.1.      Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
a)      Mengetahui konsep dasar jaringan komputer Ad Hoc sebagai pengetahuan dasar.
b)      Pemanfaatan implementasi konfigurasi notebook sebagai access point.
c)      Melakukan pengujian waktu tempuh data dengan kondisi tetap menggnakan  metode “Troughput”

1.4.2.      Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
a)      Bagi pengguna Komputer secara umum dapat melakukan proses sharing koneksi Internet menggunakan Virtual Acces Point,.
b)      Bagi mahasiswa Jurusan informatika, dapat menambah wawasan dalam pemanfaatan jaringan Ad Hoc itu sendiri dan bagaimana implementasinya secara langsung.
c)      Bagi penulis, sebagai dorongan untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang berbagai macam jenis koneksi jaringan, baik yang sifatnya Lokal atau pun Luas.
d)     Memberi kesempatan bagi pemakai agar dapat dengan mudah terkoneksi ke jaringan wifi Ad Hoc yang disediakan.
1.5.  METODE PENELITIAN
Metode penulisan yang digunakan pada penulisan Tugas Akhir ini adalah
a)      Penelitian Kepustakaan
Penulis menggunakan buku-buku yang berhubungan dengan masalah dan melakukan searching literatur di internet sehingga dapat membantu penyelesaian masalah pada jaringan d Hoc.
b)      Pengamatan secara langsung berupa Observasi
Penulis melakukan pengamatan secara langsung di lokasi dalam hal ini Lembaga LPSE Dishubkominfo, dan mengetahui permasalahan bahwa tidak adanya Jaringa Koneksi Wifi yang sifatnya terbuka.

1.6.  SISTEMATIKA PENULISAN
Secara garis besar karya tulis ilmiah ini terdiri dari 5 (lima) bab dan beberapa lampiran dengan sistematika penulisan karya tulis ilmiah sebagai berikut:
BAB I      PENDAHULUAN
Bab ini diuraikan secara ringkas pembahasan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
BAB II     LANDASAN TEORI
Berisikan mengenai teori-teori yang mendasari atau menjadi landasan dalam kegiatan penelitian.
BAB III   ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini dibahas mengenai analisa sistem yang berjalan, peralatan yang digunakan , serta proses penerapan aplikasi Jaringan Ad Hoc.
BAB IV   IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini akan dipaparkan hasil-hasil dari pengujian terhadap kondisi jaringan yang berjalan menggunakan aplikasi Virtual Acces Point dan pembandingnya menggunakan Real Acces Point sehingga menjadi bukti-bukti yang mendukung dalam penyusunan karya tulis.
BAB V     PENUTUP

Sebagai bab terakhir penulis akan menguraikan beberapa kesimpulan dari uraian bab-bab sebelumnya. Dan akan berusaha memberikan saran yang mungkin bermanfaat.


Tidak ada komentar: