Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Mengurangi Resiko dan Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Berikut adalah cara-cara mengurangi resiko dan mengatasi tekanan darah tinggi / hipertensi:

 Kurangi asupan gula. Memang gula identik dengan diabetes atau darah manis, namun ternyata kandungan gula berlebihan dalam darah bisa memicu tekanan darah naik menjadi hipertensi. Jenis gula yang berbahaya dan harus dihindari adalah gula rafinasi seperti gula putih, tepung gula, minuman soda, jus dalam botol, dan sirup.

Gula alamiah yang terkandung dalam buah dikenal sebagai fruktosa sangat bermanfaat bagi tubuh kita, jadi jangan ragu untuk memakan berbagai jenis buah setiap hari.

Namun saya anjurkan batasi konsumsi buah berkadar gula tinggi seperti melon dan mangga bagi penderita diabetes. Buah berry, seperti strawberry, blueberry, cranberry memiliki kandungan fruktosa yang rendah dan kaya akan antioksidan serta berbagai jenis enzim yang berguna bagi kesehatan kita. Untuk wanita penderita diabetes dan tekanan darah tinggi malah beresiko melahirkan anak autis.
Hindari minuman dan makanan olahan yang mengandung High Fructose Corn Syrup (HFCS) yang
merupakan sirup dengan kadar gula sangat tinggi yang dibuat dari ekstrasi jagung yang menggunakan bahan kimia Hexane. HFCS juga mengakibatkan penyakit
hati, pankreas, gagal ginjal, dan sebagainya. HFCS banyak terkandung dalam minuman soda.

 Jaga tingkat stres anda. Stress yang berlebihan dan berkepanjangan akan membuat tubuh kita tegang dan otomatis memacu tekanan darah tinggi secara drastis.
Olahraga teratur setidaknya 3 kali seminggu selama satu jam saja. Mengkonsumsi Omega 3 dari minyak ikan juga membantu keseimbangan kadar lemak darah.Kurangi konsumsi kafein/kopi, dan Konsumsi suplemen kalsium dan magnesium alamiah serta vitamin C, D, dan E alamiah bila diet anda tidak lengkap dan seimbang. Perlu diperhatikan bahwa kebanyakan suplemen vitamin di pasaran merupakan hasil vitamin sintetik, dimana vitamin sintetik ini sendiri kurang berguna bagi tubuh karena sulit dicerna. Jadi cari suplemen yang alamiah walaupun harganya memang akan lebih mahal.

Cara-cara di atas merupakan cara alami untuk mencegah tekanan darah tinggi, jangan terlalu menggantungkan diri pada obat-obatan karena malah akan merugikan kesehatan dalam jangka panjangnya.

 referensi : tentang hipertensi

Tidak ada komentar: