Senin, 27 Agustus 2012

Manfaat Berpuasa Bagai Kesehataan Tubuh


Dalam Postingan kali ini saya mau share sedikit informasi yang saya tahu tentang Puasa dan hubungannya dengan Kesehatan,,,

Mungkin sudah banyak seeh yang tahu kalau berpuasa itu adalah salah satu ibadah yang punya andil besar dalam memerani hawa nafsu,, entah itu syahwat,amarah atau pun nafsu makan dan minum,,,! selain itu sebagai ummat muslim tentunya sudah harus tahu bahwa berpuasa juga bertujuan agar kita mau merasakan perihnya orang-orang yang selama ini serba kekurangan,,,!

Namun dalam pstingan ini saya tidak akan membahas terlalu jauh masalah itu,,(ya saya bukan ustad seeh) tapi yang lebih universal dari berpuasa itu sendiri.


Baiklah, manfaat berpuasa bagi kesehatan ialah :

  1. Puasa mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan.
  2. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.
  3. Membersihkan tubuh dari racun & kotoran (detoksifikasi). Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga
    menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. 
  4. Mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru (peremajaan).
  5. Memperbaiki fungsi hormon dan juga meningkatkan fungsi organ tubuh.

Naah itulah sedikit yang saya tahu tentag manfaat berpuasa untuk kesehatan, jadi berpuasa bukan hanya menambah pahala tapi tentunya menambah kesehatan bagi pelakunya,,,!

Oke Gaan...Semoga Bermanfaat..!

Tidak ada komentar: